Posyandu Jiwa Desa Tambakmas Memanusiakan Pasien ODGJ Serta Menjaga Kesehatan Dan Penyembuhan Pasien - CONEXNEWS.ID

Breaking

Definition List

Selasa, 06 Agustus 2024

Posyandu Jiwa Desa Tambakmas Memanusiakan Pasien ODGJ Serta Menjaga Kesehatan Dan Penyembuhan Pasien



Suasana pengobatan dan konsultasi oleh Dokter Spesial jiwa Hendra


Madiun conexnews.id - Dinas kesehatan  Madiun bersama Puskesmas Gatrung Kebonsari kabupaten Madiun mengadakan kegiatan Posyandu Jiwa di Desa Tambakmas Rabu 6/8/2024 bertempat di balai desa Tambakmas. 

Posyandu Jiwa merupakan salah satu pelayanan kesehatan terdekat bagi pasien gangguan jiwa. Kegiatan di posyandu jiwa tidak hanya difokuskan pada proses perkembangan diri, peningkatan keterampilan, dan kemampuan orang yang mengalami gangguan jiwa saja tetapi juga pada dukungan keluarga dalam memandirikan orang yang mengalami gangguan jiwa serta melakukan edukasi, promosi dan deteksi dini pada masyarakat sehingga yang sehat akan tetap sehat, yang berisiko mengalami gangguan jiwa bisa terhindar dari gangguan jiwa. Dengan adanya posyandu jiwa diharapkan Komitmen Bersama dalam Mewujudkan Kabupaten Madiun Sehat Jiwa pada tahun 2024 dapat terwujud.



Dalam kegiatan iposyandu jiwa  dihadiri oleh,kepala puskesmas Gatrung Rulcama T K, kades Tambakmas serta perangkat desa, tokoh masyarakat ,Babin dan Babinkatibmas.,serta beberapa pasien jiwa. 


Suasana Posyandu jiwa desa Tambakmas



Kepala desa Tambakmas Sugeng Mengatakan acara posyandu kali ini di gelar untuk yang ke dua kali di wilayah desa Tambakmas yang bertujuan memberi pengarahan,kepada keluarga penderita gangguan jiwa cara penanganan pasien agar lebih terawat dan lebih manusiawi,untuk penderita ODGJ di desa Tambakmas ada sekitar 17 pasien ,yang harus ditangani dan menjadi prioritas, sehingga di harapkan nantinya bisa normal dan sembuh kembali,  di terima  di tengah tengah masyarakat di harapkan dikemudian hari bisa berkerja seperti warga masyarakat pada umumnya tutup kades.


Acara penyuluhan di pandu langsung oleh dokter spesialis Hendra d. Dalam paparannya dokter Hendra mengatakan untuk perawatan dan pengobatan harus rutin dan kontinyu jangan sampai lewat agar nanti pasien lekas sembuh,kiat nya hanya dua pertama pasien Harus nurut yang sehat ke dua minum obat yang rutin.inysaallah ada jalan untuk sembuh (nan)