Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PD Pewarna Jawa Timur sukses digelar, dengan mengusung tema “Pewarna Siap Sukseskan Pilkada 2024” - CONEXNEWS.ID

Breaking

Definition List

Selasa, 17 September 2024

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PD Pewarna Jawa Timur sukses digelar, dengan mengusung tema “Pewarna Siap Sukseskan Pilkada 2024”


Lumajang conexnews.id - Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PD Pewarna Jawa Timur sukses digelar, dengan mengusung tema “Pewarna Siap Sukseskan Pilkada 2024”

 dan subtema “Peran Jurnalistik Nasrani dalam Mengawal Pemilihan Pemimpin yang Memiliki Integritas.” di Pendopo Arya Wiraraja, Lumajang, Jawa Timur, Senin (16/9).

Acara dimulai dengan ibadah pembukaan yang dibawakan oleh Pdt. Ricardo Nainggolan. Berdasarkan renungan dari Yeremia 29:7, Pdt. Ricardo menekankan pentingnya peran umat dalam menjaga kesejahteraan bangsa melalui kontribusi nyata, termasuk dalam Pilkada yang akan datang.

Setelah ibadah, Ketua Panitia Pelaksana Guntur Nugroho menyampaikan sambutan. Ia berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara ini, khususnya Ketua Umum Pewarna, Yusuf Mujiono, serta pengurus pusat yang hadir. 

Dalam sambutannya, Guntur juga memberikan apresiasi kepada panitia yang telah bekerja keras sehingga Rakerda ini dapat terlaksana dengan baik dalam waktu yang relatif singkat.

Ketua Pewarna PD. Jawa Timur, Jetty Lukar, turut menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya acara Rakerda Pewarna Jawa Timur. Jetty mengungkapkan penghargaan atas kerja keras panitia, terutama Guntur Nugroho, dan mengapresiasi penyelenggaraan pelantikan enam pengurus cabang baru, yakni PC Lumajang, PC Surabaya, PC Kota Batu, PC Sidoarjo, PC Mojokerto, dan PC Malang. 

“Selamat kepada pengurus cabang yang baru dilantik. Semoga mereka bisa menjadi insan pers yang benar-benar memberikan warna dalam jurnalisme,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pewarna, Yusuf Mujiono, mengungkapkan rasa bangganya. "Ini adalah Rakerda terbesar yang pernah saya hadiri, ini sangat luar biasa,” katanya. 

Yusuf juga menjelaskan peran Pewarna sebagai organisasi jurnalis Nasrani yang berkomitmen untuk mengawal pemilihan pemimpin dengan integritas, khususnya dalam konteks Pilkada 2024.

"Pewarna Indonesia hadir untuk menciptakan kesetaraan di tengah-tengah budaya dan ideologi yang berbeda-beda, dengan harapan dapat menjunjung tinggi nilai keberagaman dan persatuan bangsa," tambah Yusuf. 

Setelah pelantikan, acara dilanjutkan dengan seminar Wawasan Kebangsaan dan Forum Group Discussion (FGD). Narasumber dalam sesi ini antara lain Dr. Mohammad Hariadi Eko Romadhon, S.Sos,. M. Si (Dosen Universitas Lumajang) Guntur Nugroho (Ketua Panitia), Immanuel Yosua Tjipto Soewarno (Ketua KPID Jawa Timur) dan Mujibul Khoir (Ketua PWI Jakarta Timur). Diskusi tersebut membahas peran media dalam menjaga independensi dan mengedukasi masyarakat dalam menghadapi Pilkada.

Selain dihadiri oleh pengurus Pewarna, acara ini juga mendapat dukungan dari berbagai elemen masyarakat, seperti Ikatan Wartawan Lumajang (IKL), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Badak, Pemuda Lumajang Bergerak, Pemuda Kristen Jawi Wetan, dan DPD Muki Lumajang.

Acara ini diakhiri dengan rapat koordinasi API dan rencana Rakernas mendatang.

Pewarna terus berkomitmen untuk mengambil peran aktif dalam menyukseskan Pilkada 2024 dengan mengedepankan jurnalisme yang berintegritas dan bertanggung jawab.(R_Kfs74D/PewarnaJbr)