Posyandu Jiwa "Jiwa Remaja Berdikari" Membentuk Pasien Sembuh ODGJ Lebih Trampil Dan Mempunyai Masa Depan - CONEXNEWS.ID

Breaking

Definition List

Rabu, 04 September 2024

Posyandu Jiwa "Jiwa Remaja Berdikari" Membentuk Pasien Sembuh ODGJ Lebih Trampil Dan Mempunyai Masa Depan



Slamet D Kades Sukosari 


Ponorogo conexnews.id - Dinas kesehatan  Ponorogo bersama Puskesmas Sukosari Kebonsari kabupaten Ponorogo mengadakan kegiatan Posyandu Jiwa  Remaja Berdirikari,rutin mengadakan pertemuan, berjalan dari tahun 2021.






Ketrampilan bagi ODGJ yang sembuh 


Posyandu jiwa



Posyandu Jiwa merupakan salah satu pelayanan kesehatan terdekat bagi pasien gangguan jiwa. Kegiatan di posyandu jiwa tidak hanya difokuskan pada proses perkembangan diri, peningkatan keterampilan, dan kemampuan orang yang mengalami gangguan jiwa saja tetapi juga pada dukungan keluarga dalam memandirikan orang yang mengalami gangguan jiwa serta melakukan edukasi, promosi dan deteksi dini pada masyarakat sehingga yang sehat akan tetap sehat, yang berisiko mengalami gangguan jiwa bisa terhindar dari gangguan jiwa. Dengan adanya posyandu jiwa diharapkan Komitmen Bersama dalam Mewujudkan Ponorogo Sehat Jiwa pada tahun 2024 dapat terwujud.





Badar tokoh inisiator pendiri posyandu jiwa Remaja


Menurut kader posyandu Badar  wilayah kerja meliputi 7 desa Alhamdulillah di tahun ke 3 ini pasien ODGJ yang sembuh dan di bekali , ketrampilan banyak produk yang telah di hasilkan, semisal sapu , keset Alhamdulillah hasilnya  sudah banyak terjual.



Kepala desa  Sukosari Slamet D Mengatakan acara posyandu jiwa rutin di adakan 1 dalam sebulan untuk acara biasanya berpindah pindah tempat di 7 desa yang mencakup wilayah kerja puskesmas Sukosari.
Posyandu Jiwa bertujuan memberi pengarahan,kepada keluarga penderita gangguan jiwa cara penanganan pasien agar lebih terawat dan lebih manusiawi,untuk penderita ODGJ di desa Sukosari 26 penderita ada sekitar 5 pasien sembuh dan bisa di latih keterampilan ,yang harus ditangani dan menjadi prioritas, sehingga di harapkan nantinya bisa normal dan sembuh kembali,  di terima  di tengah tengah masyarakat di harapkan dikemudian hari bisa berkerja seperti warga masyarakat pada umumnya ,sekali saya mengucapkan terima kasih kepada kader posyandu jiwa,yang peduli dan memanusiakan pasien ODGJ untuk kehidupan masa depannya tutup kades. 


Acara penyuluhan di pandu langsung oleh Puskesmas Sukosari , untuk perawatan dan pengobatan harus rutin dan kontinyu jangan sampai lewat agar nanti pasien lekas sembuh,kiat nya hanya dua pertama pasien Harus nurut yang sehat ke dua minum obat yang rutin.inysaallah ada jalan untuk sembuh (nan)