Membagakan Personil SATBRIMOB Polda NTB Lolos FPU 3 MINUSCA - CONEXNEWS.ID

Breaking

Definition List

Senin, 12 Juli 2021

Membagakan Personil SATBRIMOB Polda NTB Lolos FPU 3 MINUSCA


 

 


 

 


Mataram, Nusa Tenggara Barat Conexnews.id-- Sebagai Kontribusi Nyata dalam mewujudkan salah satu Amanat Konstitusi Negara Republik Indonesia yakni turut serta menjaga ketertiban Dunia, Kepolisian Negara Republik Indonesia secara rutin dari tahun ketahun mengirimkan Satuan Tugas ( Satgas ) Misi Perdamaian PBB dalam Satgas Garbha FPU 3 Minusca yang bertempat di Bangui,Central Afrika. Tidak main - main, semua anggota Polri yang akan diberangkatkan khusus untuk menjalankan misi Perdamaian dunia ke daerah rawan Konflik tersebut, harus disaring secara ketat dan melalui beberapa tahap seleksi serta hanya menyisakan ratusan peserta dari ribuan peminat pendaftar.

Tiga Diantara peserta yang dinyatakan lolos dari rangkaian Tahap seleksi tersebut adalah dari anggota Satbrimob Polda NTB yakni Ipda Rahimahullah Kalimantan Jaya, Aipda Lalu Romi, serta Brigadir Arie Prima. Lolos dan tergabung dalam kontingen FPU ( Formed Police Unit )MINUSCA tersebut menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi mereka bertiga. Pasalnya, banyak sekali tahapan dan seleksi yang harus dilalui dan harus bersaing dengan rekan kerja sendiri dari seluruh Indonesia dengan jumlah ribuan peminat tersebut. Seperti yang diceritakan oleh Ipda Kalimantan Jaya selaku Wadanki 1 Yon B Sumbawa ini, untuk bisa masuk dalam jajaran personil yang dinyatakan lolos dan lulus seleksi ini, ia harus berjibaku dengan ribuan peserta lainnya yang mendaftar dengan dituntut kesehatan fisik, mental dan kemampuan yang mumpuni tentunya. Ia harus mengikuti sejumlah rangkaian tes seperti pemeriksaan Administrasi, tes Kesehatan, tes Psikologi, tes Jasmani / kejiwaan, Tes keterampilan komputer, tes Bahasa asing, tes mengemudi, kemampuan Koki, Paramedik dan juga menembak. Tidak sampai disitu saja, semua peserta juga mendapat tes Penguasaan Bahasa Inggris dan harus mampu Berbahasa Perancis. Hal ini semua dilakukan bukan tanpa alasan, mereka membawa Nama baik Bendera Indonesia yang akan tergabung dengan berbagai Negara di Dunia sehingga kesamaan dan pemahaman dalam berkomunikasi menjadi syarat mutlak utama.

" _setelah melalui serangkaian tes dan ujian disetiap tahapnya, kami semua wajib mengikuti PraOperasi atau  Pre-deployment training sebelum diberangkatkan didaerah misi yang bertempat di Pusdiklat Serpong Pusdik Lantas, ujar Wadanki 1 Yon B tersebut_"

" _selain ikut menjaga misi perdamaian, disana kami juga membantu / memperomosikan HAM dengan tugas dan wewenang dari arahan JTFB ( Joint Task For Bangui) dan PC ( Police Comisioner ) selaku komandan tertinggi dalam misi Minusca yg berada di bawah PBB yakni melindungi dan menjaga fasilitas PBB, mengamankan dan melindungi warga sipil serta mendukung kegiatan Operasi Kepolisian di Bangui. Selain itu kami juga dituntut untuk berkontribusi secara sosial serta dapat mengenalkan keramahtamaan orang Indonesia dan memberikan kesan baik bagi masyarakat disana nantinya" Aipda Lalu Romi Hariyadi.

Satgas FPU 3 Minusca ini direncanakan akan diberangkatkan sekitar September mendatang jika tidak ada halangan dan akan berada didaerah misi negara Afrika tengah lebih  dari 1 tahun lamanya. "Red"